SYARAT DAN KETENTUAN CALON MITRA PT EKSTREM ANUGERAH INDONESIA

I. MENJADI SEORANG MITRA

I.1. Seorang calon Mitra  harus disponsori oleh seorang Mitra  yang sudah terdaftar dan memiliki nomor mitra yang dikeluarkan oleh perusahaan. Calon mitra wajib mengisi data-data yang  terdapat didalam Formulir Pendaftaran Mitra yang didapat dari sponsor/ presenternya atau boleh meminta di kantor PT. Ekstrem Anugerah Indonesia. 

I.2. Sebelum mengisi formulir pendaftaran, calon Mitra  wajib terlebih dahulu membaca dengan  seksama Syarat dan Ketentuan Calon Mitra serta isi dari Brosur, Formulir Pendaftaran Mitra , Starter Kit, Kode Etik Perusahaan.  Dengan menandatangani formulir Pendaftaran  maka mitra dianggap telah membaca, mengetahui dan menyetujui semua syarat dan ketentuan calon mitra yang tertera di dalam Brosur, Formulir Pendaftran Mitra, Starter Kit, Kode Etik Perusahaan, serta mitra memberi izin dan kuasa kepada sponsor dan Pihak Manajemen Perusahaan untuk menginput data menjadi mitra PT. EKSTREM ANUGERAH INDONESIA, serta termasuk memberi izin kepada PT EKSTREM ANUGERAH INDONESIA sekaligus untuk memotong Pajak PPh berikut pajak progresif yang akan timbul kemudian atas setiap bonus yang diterima oleh mitra.

I.3. Formulir Pendaftaran Mitra akan dipegang oleh sponsor/presenternya. Untuk selanjutnya sponsor/presenter akan melakukan input data secara online dan menyatakan bahwa calon mitra sudah membaca, mengetahui, dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Calon Mitra yang tertera di belakang formulir pendaftaran mitra, dengan mengklik syarat dan ketentuan yang terdapat di isian formulir online.

Syarat – syarat untuk menjadi seorang Mitra adalah seperti berikut : 

  1. Warga Negara Indonesia berusia minimal 18 tahun, berdasarkan e-Kartu Tanda Penduduk (e-KTP).
  2. Dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta tidak dicabut hak –haknya sebagai subjek hukum. 
  3. Bukan karyawan dan / anggota keluarga karyawan Perusahaan (suami / istri/ anak).
  4. Telah membaca Syarat dan Ketentuan sebagai mitra yang tercantum dalam halaman belakang Formulir Pendaftaran mitra
  5. Memiliki identitas yang berlaku secara nasional.
  6. Memiliki nomor telepon atau HP yang masih aktif
  7. Memiliki nomor rekening bank nasional
  8. Dengan disetujuinya keanggotaan seseorang menjadi Mitra , maka dengan sendirinya Mitra  yang bersangkutan terikat dengan ketentuan – ketentuan dan / atau peraturan – peraturan yang terdapat baik dalam Brosur, Formulir Pendaftaran Mitra, Starter Kit, dalam Kode Etik maupun Peraturan Perusahaan

II. HAK DAN KEWAJIBAN MITRA

Mitra  PT EKSTREM ANUGERAH INDONESIA dalam aktifitasnya sebagai Mitra  mempunyai hak dan kewajiban sebagai berikut :

 II.1. Hak Mitra  :

  1. Mendapatkan copy Formulir Pendaftaran yang sudah ditandatangani
  2. Mendapatkan brosur, formulir pendaftaran mitra, starterkit, kode etik perusahaan.
  3. Mendapatkan produk yang sesuai dengan apa yang dibelanjakannya.
  4. Mendapatkan BONUS sesuai dengan program pemasaran perusahaan yang berlaku.
  5. Mendapat Automaintain  berupa produk.
  6. Mensponsori dan mengembangkan jaringan dalam jumlah tidak terbatas.
  7. Mendapatkan nomor keangotaan  dan kartu keanggotaan
  8. Mendapatkan layanan informasi dan pembelian produk baik di Perusahaan maupun dari sponsor/presenternya. 
  9. Mendapatkan pembinaan dari perusahaan atau leadernya.
  10. Mendapatkan hak untuk mempromosikan atau meneruskan informasi mengenai produk dan program marketing plan kepada masyarakat luas dengan tujuan pengembangan bisnis dan komisinya.
  11. Mendapat bukti potong pajak PPh berikut pajak progresif yang akan timbul kemudian atas setiap bonus yang diterima sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku.

II.2. Kewajiban Mitra   :

  1. Menjaga nama baik Perusahaan
  2. Menjalankan bisnis dan aktifitasnya berdasarkan etika berbisnis yang baik sebagaimana umumnya dan sesuai dengan ketentuan – ketentuan Perusahaan yang berlaku.
  3. Dapat bekerjasama dengan sesama Mitra dan Manajemen didalam pengembangan usaha.
  4. Membayar Pajak PPh, berikut pajak progresif yang akan timbul kemudian atas setiap bonus yang diterima apabila telah melebihi batas PTKP (pendapatan tidak kena pajak), dan untuk pelaksanaannya akan di potong secara langsung oleh perusahaan. dengan ketentuan pajak yang berlaku.
  5. Bersedia dan atau menyetujui Perusahaan untuk menyisihkan automaintain / atm (belanja otomatis) Mitra setiap bulannya yang disisihkan dari bonus expan dan exis, masing-masing sebesar 25% (duapuluh lima persen), automaintain perbulan maksimal adalah Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah)
  6. Menjual Produk sesuai dengan harga yang sesuai dengan yang sudah ditetapkan perusahaan.

III. HAK DAN KEWAJIBAN PERUSAHAAN

III.1. HAK PT. EKSTREM ANUGERAH INDONESIA, sebagai perusahaan sebagai berikut :

  1. Dapat menerima dan menolak permohonan menjadi mitra dan atau menjadi  Stokis
  2. Menetapkan biaya pendaftaran, harga produk, brosur
  3. Membuat program pemasaran perusahaan (Marketing Plan)
  4. Memotong biaya Administrasi transfer atas bonus yang diterima Mitra
  5. Menyisihkan automaintain (belanja otomatis) Mitra setiap bulannya yang disisihkan dari bonus expan dan exis, masing-masing sebesar 25% (duapuluh lima persen). automaintain perbulan maksimal adalah Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah)

III.2. KEWAJIBAN PT. EKSTREM ANUGERAH INDONESIA sebagai Perusahaan sebagai berikut :

a. Menyediakaan dan menjamin ketersediaan stok produk

b. Menerbitkan harga beli produk untuk Mitra dan harga jual untuk konsumen dalam rupiah (Rp)

c. Menyediakan  brosur, formulir pendaftaran mitra, starterkit, kode etik perusahaan

d. Memotong Pajak PPh, berikut pajak progresif yang akan timbul kemudian atas setiap bonus yang diterima oleh mitra apabila telah melebihi batas PTKP ( pendapatan tidak kena pajak )

e. Membayar komisi mitra sesuai dengan program marketing plan yang sudah ditetapkan yaitu :

e.1. BONUS EXPRES dibayarkan dalam waktu 3(tiga) jam setelah uang pembelian produk  di konfirmasi oleh perusahaan, dengan catatan apabila tidak ada kendala pada bank pengirim atau penerima dan gangguan teknis seperti kendala Frekuensi Signal dan atau jaringan alat komunikasi. 

e.2. BONUS EXPOS, BONUS EXPOS GENERASI DAN BONUS EXPAN dibayarkan secara bersamaan besok hari dengan jumlah akumulasi minimal Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah)

e.3. BONUS EXIS dibayarkan pada setiap hari Rabu yang dihitung dari akumulasi bonus hari Senin s.d. Minggu sebelumnya (7 hari).

e.4. BONUS EXEL dibayarkan pada tanggal 15 setiap bulannya untuk perhitungan bulan sebelumnya

e.5. AUTOMAINTAIN diberikan antara tanggal 16 s.d. 31 setiap bulannya, dengan pengajuan terlebih dahulu antara tanggal 1 s.d 15 setiap bulannya untuk AUTOMAINTAIN bulansebelumnya.

f. Melaksanakan pembinaan dan pelatihan/training secara berkala kepada mitra  untuk membentuk Mitra  yang profesional. sebagai berikut :

f.1. FAST START TRAINING adalah pelatihan dasar bagi mitra baru untuk pendalaman tentang perusahan, produk, marketing plan, dan cara mendaftarkan mitra baru.

f.2. ENBT  TRANING  (Extreme New Bilioner Training) adalah pelatihan lanjutan tentang bisnis di Extreme Indonesia bagi mitra yang ingin mengembangkan jaringan

f.3. EXMEN TRAINING,  Extreme Empowerment adalah pelatihan lanjutan untuk Leader

g. Membuat acara presentasi secara berkala sebagai bagian dari program penjualan guna membantu mitra.

h. Menjaga stabilitas harga di pasaran agar tidak ada mitra yang menjual produk dibawah harga yang sudah ditetapkan perusahaan

i. Memberikan kesempatan yang sama untuk berbisnis kepada semua Mitra.

IV. BERAKHIRNYA KEANGGOTAAN

IV.1. Mengundurkan diri

  1. Seorang Mitra  dapat mengundurkan diri dengan cara menyerahkan surat permohonan pengunduran diri kepada Perusahaan,  dengan melampirkan pemberitahuan tertulis kepada Perusahaan.
  2. Segala akibat hukum yang timbul dari pihak ketiga, berkenaan dengan aktifitas/bisnisnya terhadap Mitra  setelah pengunduran dirinya sepenuhnya menjadi tanggungjawabnya pribadi.

IV.2. Kematian

Dalam hal Mitra  meninggal dunia maka secara otomatis keanggotaannya akan beralih kepada ahli waris yang tercantum dalam formulir pendaftaran.

IV.3. Pencabutan

Dalam hal diketahui/didapati adanya pelanggaran yang dilakukan Mitra  yang menyebabkan dicabutnya keanggotaannya, maka berdasarkan Surat Keputusan Perusahaan berhak mengakhiri keanggotaan Mitra  tersebut.   

V. SANKSI-SANKSI

V.1. Apabila Mitra  diketahui/didapati melakukan pelanggaran terhadap kode etik dan/atau peraturan-peraturan dan/atau ketentuan-ketentuan lain yang dikeluarkan oleh Perusahaan, maka berdasarkan pertimbangannya sendiri Perusahaan berhak untuk memberikan sanksi berupa :

  1. Teguran
  2. Peringatan
  3. Penghentian pembayaran penghasilan-penghasilan tertentu
  4. Pencabutan keanggotaan Mitra  

V.2. Pemberian sanksi tidak harus mengikuti tata urutan sebagaimana point  V.1 diatas namun sesuai dengan tingkat pelanggaraan yang dilakukan oleh Mitra  berdasarkan penilaian Perusahaan. Dalam hal ini Perusahaan berhak penuh untuk menilai dan menentukan tingkat pelanggaran yang dilakukan Mitra  serta sanksinya.

V.3. Dalam hal terjadi pelanggaran yang menyebabkan keanggotaan Mitra  tersebut dicabut, maka segala fasilitas, hadiah dan penghasilan-penghasilan tertentu yang belum diterima tidak akan diberikan (dianggap hangus).   

VI. LARANGAN

VI.1. Mitra  dilarang terlibat dalam praktek tidak sehat dan menyalahi hukum dalam pengertian bahwa Mitra  terlibat dalam praktek dagang yang ilegal atau tidak sah secara hukum.

VI.2. Mitra  wajib menjaga nama baik Perusahaan dan tidak melakukan suatu perbuatan yang dapat berakibat mencemarkan dan/atau menjelekan nama baik Perusahaan.

VI.3. Mitra  tidak diperkenankan untuk menggunakan suatu aktifitas pertemuan PT EKSTREM ANUGERAH INDONESIA untuk kepentingan lain, antara lain yang berhubungan dengan politik, SARA dan lain-lain.

VI.4. Mitra  tidak diperkenankan untuk merubah, baik menambah dan/atau mengurangi, sedemikian rupa program PT EKSTREM ANUGERAH INDONESIA yang sah dikeluarkan oleh Perusahaan untuk maksud maksud tertentu. Dalam pengertian bahwa Mitra  dilarang menciptakan system selain daripada system yang ada dalam program PT EKSTREM ANUGERAH INDONESIA

VI.5. Mitra  wajib untuk tetap menjaga keutuhan serta kebersamaan dan keharmonisan dalam mengembangkan usaha dengan para Mitra , Leader, Stokis dilandasi pada Misi dan Falsafah Perusahaan.

VI.6. Mitra  yang dianggap meresahkan, menghasut dan/atau cara apapun menyebabkan Mitra  lain pindah/ masuk sebagai anggota Perusahaan MLM lain atau Perusahaan yang sejenis, akan langsung dicabut keanggotaannya.

VI.7. Mitra dilarang memperdagangkan dan atau memperjualbelikan serta  memasarkan semua  produk PT. EKSTREM ANUGERAH INDONESIA di Toko – toko, Market Place, dan e-commerce.

VI.8. Mitra dilarang membuat  website pribadi yang isinya mengenai informasi  dan bisnis PT. EKSTREM ANUGERAH INDONESIA dan atau apapun yang sejenis tanpa persetujuan dan izin tertulis dari perusahaan.    

VII. JAMINAN

VII.1. Perusahaan menjamin mutu dan pelayanan purna jual kepada konsumen atas produk yang dijual.

VII.2. Perusahaan memberikan tenggang waktu  selama 10 (sepuluh) hari kerja kepada calon mitra  untuk memutuskan melanjutkan menjadi mitra atau membatalkan pendaftaran  (cooling off period) dengan  mengembalikan  alat bantu penjualan (starter kit) yang telah diperoleh dalam keadaan semula.

VII.3. Perusahaan memberikan jaminan mutu dengan tenggang waktu selama 7 (tujuh ) hari kerja kepada mitra untuk mengembalikan barang,  apabila ternyata barang dan/atau jasa tersebut tidak sesuai dengan yang diperjanjikan.

VII.4. Perusahaan membeli kembali barang, bahan promosi ( brosur, katalog, atau leaflet) dan alat bantu penjualan (starter kit ) yang dalam kondisi layak jual dari harga pembelian awal mitra ke perusahaan dengan di kurangi biaya administrasi paling banyak 10% ( sepuluh persen ) dan dipotong sebesar bonus yang telah dibayarkan perusahaan (payout) dari harga produk dan nilai setiap manfaat yang  telah diterima oleh mitra berkaitan dengan pembelian barang tersebut, apabila mitra mengundurkan diri atau diberhentikan oleh perusahaan.

VII.5. Prosedur cooling off period, perusahaan memberi  tenggang waktu  selama 10 (sepuluh) hari kerja kepada calon mitra  untuk memutuskan melanjutkan menjadi mitra  atau membatalkan pendaftaran, dengan  ketentuan apabila mitra berencana untuk membatalkan pendaftaran menjadi mitra maka mitra harus mengajukan permohonan kepada  perusahaan terkait hal tersebut secara tertulis, dan mitra pada saat bersamaan  mengembalikan  alat bantu penjualan ( starter kit ) yang telah diperoleh dalam keadaan semula dan atau utuh seluruhnya  sesuai yang telah di terimanya, apabila permohonan pembatalan disetujui oleh Perusahaan maka dalam waktu maskimal  3 ( tiga ) hari kerja akan mentransfer ke rekening yang ditunjuk oleh Mitra.

VII.6. Prosedur Jaminan Mutu, mitra mengajukan permohonan dengan mengisi formulir  pengembalian dan atau penukaran barang yang sudah disediakan oleh perusahaan  dengan menuliskan alasan dan melampirkan bukti pembelian maksimal 7 hari sejak produk dibeli oleh Mitra, selanjutnya produk akan diberikan produk baru yang sesuai dengan yang diperjanjikan.

VII.7. Prosedur pembelian kembali  (buy back), Perusahaan akan membeli kembali produk yag telah dibeli/ dimiliki oleh Mitra, apabila Mitra akan mengundurkan diri atau diberhentikan oleh perusahaan. Mitra harus mengajukan permohonan secara tertulis bermaterai Rp. 6.000.- ditujukan kepada Direktur Operasional dan telah disetujui serta diketahui oleh sponsor dan presenternya dengan disertai alasan. Produk harus dikembalikan dalam kondisi layak jual. Harga pembelian kembali oleh perusahaan senilai harga pembelian awal mitra, dipotong sebesar bonus yang telah dibayarkan perusahaan (payout) dari harga produk dikurangi biaya administrasi 10% (sepuluh persen). Keika pembelian kembali  (buy back) disetujui oleh Perusahaan maka dalam waktu maskimal  3 ( tiga ) hari kerja akan mentransfer ke rekening yang ditunjuk oleh Mitra

VIII. PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Langkah-langkah dalam penyelesaian perselisihan :

VIII.1. Perusahaan akan mengundang kedua belah pihak untuk melakukan mediasi selambatnya 14 hari setelah surat undangan dikeluarkan.

VIII.2. Perusahaan akan memverifikasi masalah tersebut dan menyelesaikan perselisihan dalam jangka waktu selambat-lambatnya 30 hari. Kode Etik Perusahaan yang berlaku untuk menyelesaikan perselisihan yang sedang berlangsung.

VIII.3. Apabila proses mediasi dan musyawarah tidak tercapai maka penyelesaian masalah tersebut akan di selesaikan melalui jalur hukum dengan memilih pada kepaniteraan yang tetap pada Pengadilan Negeri Bogor.

JAKARTA, FEBRUARI 2019